SUARA BANUA NEWS – BANJARMASIN – WARGA  Banjarmasin khususnya Kelurahan Pemurus Dalam Banjarmasin keluhkan Kondisi jalan AMD yang rusak berat dan menjadi kubangan saat musim penghujan.

Jalan Utama AMD kelurahan Pemurus Dalam Banjarmasin Selatan memang menjadi jalan alternatif utama bagi masyarakat perbatasan antara kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin. Tingginya arus lalu lintas dijalan tersebut semakin memperparah kondisinya yang sudah hampir setahun lebih rusak tanpa ada perbaikan.


Mahmud salah satu warga mengaku, kondisi parahnya jalan sepanjang kurang lebih 100 meter tersebut sangat mengganggu dan menyusahkan mereka apabila mereka melintas, apalagi saat arus padat dan mobil mobil angkutan berat seperti angkutan kayu dan tanah melintas untuk mengangkut material komplek perumahan yang sedang marak dibangun di wilayah tersebut.

” Kami harus berhati hati saat melintas, karena apabila salah jalan, kami bisa masuk terjerembab kekubangan ” terangnya.

Mahmud menambahkan salah satu pengguna jalan pernah terjatuh saat melintasi karena tidak tahu kondisi jalan yang rusak tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Aan salah satu warga yang biasa lewat saat mengantar dan menjemput anaknya sekolah.

” Kenapa jalan tersebut tidak kunjung diperbaiki, sementara kondisinya kian hari kian parah, ditambah lagi cuaca ekstrim hujan lebat semakin membuat lubang jalang kian hari kian membesar akibat teregerus oleh beban berat kendaraan yang setiap hari melintas disana ” terangnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemerintah Kota Banjarmasin Joko Pitoyo mengaku kerusakan parah di jalan AMD Kelurahan Pemurus Dalam Banjarmasin pihaknya belum mendapatkan laporan permohonan perbaikan jalan oleh masyarakat, baik itu mulai dari tingkat RT, Kelurahan hingga Kecamatan.

” Kami sebenarnya sudah punya Hotline pengaduan masyarakat terkait permasalahan kerusakan maupun perbaikan jalan di Kota Banjarmasin, apabila masyarakat melapor maka kami akan cepat tanggap menyikapinya ” terangnya.

Joko menambahkan Agar masyarakat tidak bingung kemana melapor, masyarakat bisa langsung menghubungi Kontak UPT Pemeliharaan Jalan mereka melalui aplikasi WA 081250126000.

” Ada 3 pilar program yang dilayani dalam call center tersebut yaitu, Batajir ( Banjarmasin bebas Banjir ), Batarang ( Banjarmasin terang Benderang ), dan Balubang ( Banjarmasin Bebas Lubang ), apabila masyarakat menemui 3 permasalahan tersebut bisa segera laporkan saja ” tegasnya.

Joko juga menegaskan, apabila ada kelompok swadaya masyarakat yang ingin memperbaiki jalan rusak secara swadaya kami tidak melarang dan tidak ada masalah asal berkoordinasi dengan kami terlebih dahulu selaku pengelola jalan.(BS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here