SUARA BANUA NEWS-Martapura, Guna untuk terus melestarikan budaya Islami di Kabupaten Banjar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar menggelar Festival Rudat, bertempat di Halaman Kantor Disbudpar, Senin (29/7/2019).

FESTIVAL Rudat ini diikuti oleh 115 yang terdiri Group dan perorangan dari beberapa SMP, SMA, Madrasah sederajad serta masyarakat umum se Kabupaten Banjar.

Dari perserta yang mendaftar, ternyata bukan hanya kabupaten Banjar, melainkan ada yang dari luar seperti Tapin, Kandangan dan Batola.


” Dari nomor peserta yang dikeluatkan panita sebanyak 115, ” kata Yuana, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.

Dalam Festival ini tidak hanya rudat yang diperlombakan, namun ada beberapa kebudayaan dan kesenian lokal yang di perlombakan sepert Bakisah, Bepantun dan Maulid Al Habsy.

Esensinya tambah dia ,guna kembali menghidupkan budaya islami di lingkungan masyarakat yang memulai terkikis oleh perkembangan zaman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Haris Rifani mengatakan, gelaran festival rudat ini merupakan bagian dari dari Event Budaya Yang dilangsungkan dalam rangka hari jadi ke 69 Kabupaten Banjar dan HUT RI ke 74.

“Kami berharap melalui event budaya ini kesenian seperti Rudat bisa tetap lestari,” ujar Haris Rifani.

Pemerintah Kabupaten Banjar lanjut Haris, mengapresiasi atas kerja sama dan dukungan masyarakat dalam melestarikan dan mempertahankan budaya islami khas Banjar.

Festival Rudat ini dibuka Bupati Banjar, KH. khalillurrahma dan berlangsung sejak 29 Juli hingga 13 Agustus 2019.***

penulis : Rahmadi
foto : Rahmadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here