suara banua news – PARINGIN, — Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Balangan, sampaikan adanya satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Demikian dalam suaran persnya, Senin (6/4/2020).

BERDASARKAN data yang masuk, diketahui untuk klaster Gowa yang datang di Kabupaten Balangan sekitar 39 orang, dengan jumlah ODP sebanyak 8 orang, selebihnya adalah ODR.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif, mengatakan, salah satu warga yang dinyatakan PDP ini disebutkan sudah beberapa kali mengalami gejala yang mengarah ke indikasi terpaparnya Covid-19.

“Suhu tubuh yang lumayan sekitar 38° C lebih, kemudian flu batuk, dan yang terakhir sampai kami rujuk ke RS Balangan adalah sesak napas,” jelasnya.

Setelah pasien dicek kesehatannya di RSUD Balangan, kemudian secepatnya dibawa ke RS rujukan ke RSU H. Boejasin Pelaihari, untuk dilakukan perawatan, tambahnya Erwan.

Untuk rapid test yang dilakukan pihaknya selama ini masih memberikan hasil yang negatif, dan tim gugus tugas juga akan terus memantau warga meskipun sudah dinyatakan tidak ODP lagi.

“Rapid test yang pertama kita lakukan hasilnya masih negatif, setelah yang kedua ini hasil pemeriksaan dari lab Rumah Sakit menyatakan ada virus, namun masih virus secara umum belum mengarah ke Covid-19, jadi nanti di Rumah Sakit Boejasin baru dilakukan pemeriksaan lab swab,” lanjutnya.

Mengenai hal tersebut, kepada seluruh warga Balangan mulai saat ini diharapkan agar mengikuti himbauan Pemerintah, untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dengan rajin mencuci tangan, jangan keluar rumah jika tidak berkepentingan, hindari perkumpulan, dan tidak melakukan perjalanan ke luar daerah.***

**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here