suara banua news – MARTAPURA, Sedikitnya 27 mobil hias dari 34 provinsi se Indonesia ambil bagian dalam pawai ta’aruf jelang pembukaan MTQ) Nasional ke XXIX di Kalimantan Selatan.

PAWAI ta’aruf mengambil start start di depan Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, langsung dibuka Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang diawali dengan pemukulan beduk disusul pengibaran bendera start, Selasa 11 Oktober 2022.


Dalam sambutannya H.Sahbirin Noor mengatakan, kegiatan pawai ta’aruf merupakan budaya Islam yang sarat dengan pesan kebaikan.

Oleh karenanya gubernur Kalsel ini mengajak untuk memeriahkan pawai ta’aruf dengan meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan dalam mempersatukan harapan untuk menyukseskan penyelenggaraan MTQ Nasional.

Dia juga berharap seluruh kafilah bisa saling mendukung kesusksesan MTQ,

Demikian juga kepada masyarakat untuk ikut serta memeriahkan dan mensukseskan MTQ dengan cara menjaga ketertiban dan keamanan di area kegiatan maupun di lingkungannya masing – masing.

Pelaksanaan MTQ Nasional XXIX ini sendiri rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo, di Astaka Utama Kiram Park Karang Intan Kabupaten Banjar pada 12 Oktober 2022.

Selanjutnya event religi tingkat nasional ini akan digelar di tiga tempat, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Sementara itu ketua panitia pelaksana dan juga Kepala Dinas Pariwisata Kalsel M Syarifuddin mengemukakan, bahwa kegiatan pawai ta’aruf diikuti 27 kafilah dari 34 provinsi se Indonesia ditambah 13 kabupaten/kota dan 13 Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kalimantan Selatan.

Adapun rute yang dilewati, yakni Jalan Ahmad Yani Martapura hingga bundaran Kota Banjarbaru dan kembali lagi ke halaman Kantor Bupati Banjar di Martapura.

” Masyarakat Kabupaten Banjar khususnya dan Kalsel pada umumnya sangat terhibur dengan kegiatan pawai ta’aruf ini, sangat dinanti nantikan karena sekitar 50 tahun lamanya baru sekarang terlaksana kembali di Kalsel,” jelas
M Syarifuddin.

Selain gubernur Kalsel dan bupati Banjar serta walikota Banjarbaru bersama forkopimda, kegiatan pawai ta’aruf ini juga dihadiri perwakilan gubernur se Indonesia, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag RI, Kakanwil Kemenag se Indonesia dan Kakemenag serta Kadis Pariwisata se Kalsel.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here