SUARABANUANEWS-KARANG INTAN – PERSIAPAN Kontes Durian se Kabupaten Banjar tanggal 22 Januari 2019 mendatang dinyatakan siap 80%, dan Danau Tamiyang dinilai paling Strategis untuk lomba dan sekaligus mempromosikan tempat wisata.

Hal tersebut ditegaskan PLT Camat Karang Intan Muhammad Syahruji bahwa, tempat acara sudah kurang lebih 80% karena tenda, meja, kursi, sound system sudah tersedia dan dalam kondisi baik.


Muhammad Syahruji juga menjelaskan, tempat lomba, tempat parkir serta lapak untuk pedagang sudah disiapkan, dan pendaftaran untuk kontes tersebut berdasarkan perorangan dan tidak dipungut biaya alias gratis.

” Dalam event ini, nantinya para petani durian masing masing daerah penghasil durian akan menampilkan hasil buah durian terbaiknya, dan nantinya harga jual di lapak pedagang yang telah tersedia akan disamakan agar pengunjung yang datang nanti tidak merasa kecewa ” tukasnya.

Syahruji menambahkan, ada kurang lebih 7 kecamatan sentral penghasil durian yaitu, Karang Intan, Aranio, Paramasan, Sambung Makmur, Pengaron, Simpang Empat, dan Cinta Puri.

” Tim Juri atau penilai yang akan diturunkan nantinya adalah, mulai dari Akademisi, pihak Instansi dan pihak Independent ” ucapnya.

Selain kontes buah Durian, dalam event tersebut juga nantinya akan Diselingi dengan pameran dan penanaman varites tanaman lokal lainnya seperti buah kapul, buah bundar dan lain lain.

Salah satu petani durian asal desa Karang Intan Fathurrahman mengungkapkan, dirinya sudah menyiapkan salah satu varietas unggulan dari beberapa jenis varietas yang dimilikinya mulai dari si Pabrik, si tangkai panjang, si Kuningan, si lakatan, si bagong dan si ketupat.

” Ada salah satunya yang sudah saya siapkan, dan saya menunggu saat yang tepat untuk menunjukkan Durian unggulan saya, karena kenikmatan rasa durian hanya bertahan 2 hari, jadi saya harus memilih moment yang pas dalam memilih dan menentukan durian jenis apa yang diperlombakan nanti ” tutupnya.

Untuk diketahui, awal mula lomba kontes durian ini sendiripun berawal dari keinginan dan inisiatif masyarakat untuk mempopulerkan durian desa mereka yaitu durian Biih pada tahun 2017. Semenjak itulah lomba sejenis mulai digagas dan ditingkatkan ke tingkat kecamatan, bahkan direncanakan akan ditingkatkan ke tingkal Provinsi.

Pemenang dari kontes Durian sekabupaten Banjar ini nantinya akan dibuatkan Profil pemenang dan bibit unggul durian yang dimilikinya agar dikenal luas oleh masyarakat kalsel khususnya dan Indonesia umumnya.(BS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here