SUARA BANUA NEWS– Martapura, Sejumlah obyek wisata alam di Kabupaten Banjar di kunjungi Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arif Yahya.

Obyek wisata yang dikunjungi itu antara lain Pasar Terapung di Desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk, UPT Penggosokan Intan BI, Pertokoan Cahaya Bumi Selamat Martapura dan Tahura Sultan Adam.


KEHADIRAN Menteri Arief Yahya di Kabupaten Banjar tersebut, untuk
menghadiri langsung gerakan sadar wisata di kawasan Geopark Meratus Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan Selasa (13/8/2019).

Arief Yahya sangat mendorong
Geopark Meratus masuk dalam UNESCO Global Geopark. Bahkan pada saat puncak perayaan hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke 69, Rabu 14 Agustus di Banjarmasin dorongan itu masih beliau sampaikan lagi.

” Pertama tama saya sampaikan selamat hari jadi Kalimantan Selatan ke 69 dan selamat ‘masuknya’ Geopark Meratus ke dalam UNESCO Global Geopark,”ujar Arief.

Dorongan itu tentu sangat beralasan, mengingat kawasan Pegunungan Meratus adalah satu-satunya Geopark yang ada di daratan Kalimantan yang memiliki nilai unique.

Dia juga mengatakan, bahwa masyarakat adalah salah satu unsur pentahelix, yang harus aktif mendukung dalam pengembangan dunia kepariwisataan di Kabupaten Banjar.

Tak heran jika daerah ini menjadi salah satu tujuan kampanye sadar wisata bagi Kementerian Pariwisata RI Arief Yahya.

Penerapan sadar wisata menuju sapta pesona dapat terwujud secara bersama-sama, jika ada sinergi yang baik oleh masyarakat, pemerintah, akademisi, pengusaha pariwisata maupun media massa.

“ Pengembangan sektor pariwisata yang kondusif dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat sekitarnya,’’ lanjutnya.

Untuk itu perlu dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dalam mengelola potensi wisata yang ada dalam menyambut kunjungan wisatawan datang ke Kabupaten Banjar.

” Saya berharap semua unsur pentahelix bisa menerapkan gerakan sadar wisata dan mengimplementasikan unsur-unsur sapta pesona, yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan,’’ ungkapnya.

Dalam lawatan kerjanya di Kabupaten Banjar, Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Asisten Bidang Prekonomian dan Pembangunan I Gusti Nyoman Yudiana, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Haris Rifani, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (KISP), HM Farid Soufian, Kepala Disperindag, I Gusti Made Suryawati, dan Kepala Satpol PP Ali Hanafiah.***

penulis : muji setiawan
sumber dan foto : media center kominfo kab.banjar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here