suara banua news- MARTAPURA, Pemilik toko di Pasar Thaibah Martapura yang terbakar Sabtu sore 25 November 2023, mulai membersihkan puing puing bangunan toko yang hangus terbakar.

MEREKA membersihkan, sambil mengais kalau ada barang yang tidak ikut terbakar dan masih bisa dimanfaatkan.


” Pada saat kejadian, ulun hanyar bulik dari pasar. Belum sampai di rumah, dapat kabar dari kaka ulun yang masih berada di pasar, bahwa ada kebakaran di samping toko. Sesampainya di pasar, ulun kaget toko ulun sudah sudah hangus terbakar, ” kata Najmi Hadi, pedagang di Pasar Thaibah.

Dari peristiwa itu, ada 31 buah toko yang terbakar. Diantaranya 8 buah toko milik keluarga Najmi Hadi.

” Selain toko ulun. Toko keluarga ulun juga ikut terbakar,” jelasnya Najmi Hadi.

Dia dan pedagang lainnya berharap, pemerintah daerah bisa secepatnya melakukan renovasi bangunan toko yang terbakar yang ditaksir kerugiannya mencapai ratusan juta rupiah.

Direktur Utama PD Pasar Bauntung Batuah Kabupaten Banjar Rusdiansyah mengatakan, ada sekitar 31 buah toko yang terdampak. Diantaranya 11 buah rusak parah dan 20 buah rusak sedang.

” Kategori rusak parah ini adalah seperti toko yang terbakar total beserta isinya. Sedangkan kategori rusak sedang adalah kondisi toko nya masih utuh serta barang dagangan nya masih bisa di selamatkan,” jelas Rusdiansyah.

Untuk mengambil langkah selanjutnya, pihak PD Pasar Bauntung Batuah akan melakukan pertemuan dengan para pedagang.

“Rencananya besok kita akan melakukan pertemuan dengan para pedagang untuk tindak lanjut pendataan serta penanganan jangka pendek, ” sambungnya Rusdiansyah.

Untuk penanganan jangka pendek sendiri, PD Pasar Bauntung Batuah akan mengusulkan relokasi para pedagang ke Pertokoan Kayu Tangi.

Itupun jika para pedagang bersedia. Terkait perbaikan bangunan, PD Pasar Bauntung Batuah akan melakukan koordinasi dengan SKPD terkait.

Demikian juga dugaan penyebab terjadinya kebakaran, PD Pasar Bauntung Batuah menjelaskan, hal itu masih dalam penyelidikan pihak berwajib.****
gusdur sbn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here