SUARA BANUA NEWS-Banjarmasin, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat atau Gema Cermat.

KEGIATAN ini dilaksanakan di salah satu hotel di kota, Barabai HST Selasa 27 Agustus dan Balangan, Rabu 28 Agustus 2019,


“Pada tanggal 29 berikutnya kembali ke Barabai. Dan ini atas undangan masyarakat,” kata Akhmad Yani Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (3/8/2019) diruang kerjanya.

Pada sosialisasi tersebut, di hadiri oleh petugas puskesmas, perwakilan masyarakat, bidang kesehatan, tokoh masyarakat, dan beberapa kepala Desa yang ada di dua kabupaten tersebut.

Atas kegiatan ini Dinas Kesehatan provinsi berharap masyarakat dapat menggunakan obat secara rasional.

“Rasional dalam hal ini, bahwa masyarakat harus dapat menggunakan obat dengan tepat dan cermat, penggunaan Obat yang salah dapat di minimalisir, karena kalau penggunaan obat yang salah tidak segera di atasi maka akan berbahaya bagi tubuh manusia,”ujarnya.

Ia menilai, bahwa masyarakat saat ini cenderung tidak tepat dalam penggunaan obat dan kerab menjadi dokter bagi diri sendiri atau bahasa medisnya Swamedikasi.

“Banyak masyarakat kita itu mengobati diri sendiri atau Swamedikasi, misalnya penggunaan antibiotik, beli sendiri di Apotik, lalu minum tanpa resep dokter, sehingga penggunaannya tidak tepat,,”ujarnya.

Obat itu adalah racun, kata lainnya adalah racun, jadi penggunaaan obat yang kerab tidak tepat, dapat meracuni diri kita sendiri, itu yang akan kita kurangi di masyarakat, lanjutnya.

Saat ini ada program gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas, yang meliputi 6 kegiatan dari aktivitas fisik, lingkungan sehat, deteksi dini penyakit, pangan yang sehat, prilaku hidup sehat dan edukasi,imbuhnya.***

sasi fauzi sbn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here