suara banua news- BANJAR, Pasar Hewan Karang Intan, di Desa Padang Panjang Kabupaten Banjar, diresmikan Bupati Saidi Mansyur. Disela peresmian diisi dengan kegiatan kontes ternak.

PERESMIAN diawali dengan
pemotongan untaian melati dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Banjar disaksikan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie dan undangan.


Dalam kesempatan itu Saidi Mansyur, mengucap syukur karena keinginan masyarakat untuk memiliki pasar hewan dapat terwujud.

Dirinya juga berharap pasar hewan tersebut membawa dampak perekonomian bagi masyarakat khususnya di bidang ternak

“Melihat populasi ternak kita, seperti sapi dan kambing cukup banyak dan pemerintah yang memiliki pasar hewan hanya Kabupaten Banjar,” kelasnya..

Nantinya pasar hewan ini dapat dikelola oleh Dinas Pertanian. Dirinya juga mengapresiasi para peserta kontes ternak baik dari dalam maupun luar daerah seperti dari Kota Banjarbaru, Banjarmasin, Marabahan, Tabalong dan lainnya.

“Luar biasa antusias peserta, menjadi semangat bagi kami. Pasar hewan ini nantinya mempunyai dampak yang baik, bukan hanya untuk masyarakat kita tetapi juga masyarakat Kalsel,” ujar Saidi Mansyur.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Warsita menyebut jumlah peserta yang ikut kontes ketegori sapi sebanyak 14, kambing 22 dan beberapa komunitas kelinci untuk memeriahkan kontes tersebut.

“Kriteria yang dilombakan yakni sapi bali jantan dan kambing jantan. Lomba sifatnya ekstrem”

” Jadi yang dilombakan adalah berat badan atau bobot sapi atau kambing. Yang paling besar dan sehat adalah pemenangnya. Kriteria penilaian sendiri meliputi bobot, umur dan kesehatan,” lanjutnya.

Diketahui, Pasar Hewan Karang Intan merupakan pasar hewan terpadu karena selain fasilitas untuk jual beli hewan juga tersedia fasilitas Puskeswan Padang Panjang. Dengan kapasitas dapat menampung sekitar 100 ekor sapi, berdiri di atas tanah seluas 6000 M².***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here