suara banua news – MARTAPURA, Komplek pemakaman Sjech KH Muhammad Kasyful Anwar di kawasan Jalan KH Anang Sya’rani Arif Desa Melayu Ilir, Kecamatan Martapura Timur, merupakan salah satu obyek wisata religi di Kabupaten Banjar.

SALAH satu bukti Pemkab Banjar melakukan pengembangan obyek wisata religi, melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar, melakukan pembangunan Gapura Kubah Sjech KH Muhammad Kasyful Anwar.


Dengan dibangunnya Gapura, lebih memperindah lokasi komplek pemakaman dan sebagai petunjuk di tempat tersebut bermakam salah satu ulama besar yang ada di Martapura.

Sjech KH Muhammad Kasyful Anwar sendiri merupakan ulama besar di Martapura beliau adalah pendiri dan pimpinan periode ke-3 Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Martapura 1922-1940 yang Kubah nya banyak di kunjungi penziarah dari berbagai daerah,

Kepala Bidang Cipta Karya (Kabid CK) Dinas PUPRP Kabupaten Banjar Iwan Junaidi mengungkapkan, proyek pembangunan Gapura Kubah Sjech KH Muhammad Kasyful ini adalah permintaan langsung dari bupati Banjar.

” Awal mula terbangun Gapura ini adalah permintaan dari pemimpin kita (Bupati) guna mendukung dari program kawasan religi di Kabupaten Banjar. Kebetulankan di situ belum sign in nya”

” Maka dari itu bupati minta tahun ini di buat kan Gapura atau pintu gerbang,”jelasnya.

Untuk nilai pagu anggarannya sendiri sebesar Rp100 juta dengan realisasi nilai kontrak sebesar Rp99.417.000 yang dikerjakan CV Karya Anugerah Bersama selama 60 hari kalender. ***
gusdur sbn



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here